Sejarah
dan Perkembangan amazon.com
1.
Awal
berdirinya perusahaan
Perusahaan
ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk
khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja
di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri. Pada mulanya
nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal
5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya
berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat
mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com
terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A
maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin
perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis
yang ada di Amerika.
2.
Perkembangan
awal perusahaan
Perusahaan
toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun
berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat
besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa
mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat.
Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya
tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap
sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer,
video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes
memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan
di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika
itu permintaan buka sangat banyak.
3.
Investor
awal dan perkembangannya
Awal
perkembangan Amazon ini, banyak investor yang membeli saham disini. Tapi
sayangnya, empat tahun pertama perkembangan Amazon dinilai sangat lambat
pertumbuhannya sehingga banyak investor yang mengeluh dan menjual sahamnya.
Bahkan, diawal abad 21 banyak toko online yang ditutup dan salah satu yang
hampir terkena imbasnya adalah perusahaan Bozes ini. Tapi untungnya, perusahaan
ini masih selamat dan bisa berkembang kembali. Setelah krisis di awal abad 21,
perusahaan semakin bangkit dan menghasilkan banyak keuntungan yang menjanjikan.
Bahkan, perusahaan ini mengklaim bahwa dirinya lah yang mempopulerkan untuk
masyarakat berbelanja secara online.
4.
Masalah
yang dihadapi
Selama
membangun perusahaan, toko online ini tentunya Bozes tidak lepas dari masalah
yang dihadapi. Banyak sekali masalah yang dialami oleh amazon selama
perkembangannya sampai sekarang. Masalah yang paling menonjol adalah ketik
Bozes dituntut oleh Walmart pada tahun 1998. Walmart menggugat bahwa Bozes
telah mencuri rahasia perdagangannya karena mempekerjakan karyawan dari
Walmart. Namun, tuntutan ini tidak sampai ke pengadilan dan bisa diselesaikan
dengan cara damai diluar pengadilan.
Strategi Amazon.com dalam menarik pelanggan baru
Pada mulanya, Amazon.com adalah penyedia layanan
toko buku online dimana pelanggannya saat itu hanya terbatas pada orang-orang
yang suka membaca buku. Seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan
pelanggan, Amazon.com saat ini menyediakan berbagai produk seperti
barang-barang elektronik, pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, aplikasi
Android, DVD, download musik, peralatan olahraga, dan banyak lainnya. Hal ini
menjadikan Amazon.com memperluas peluang pasar dari pembaca buku menjadi
seluruh pengguna internet yang memerlukan produk yang disediakan oleh
Amazon.com.
Amazon.com saat ini juga mengembangkan aplikasi
mobile mengingat jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android
bertambah sehingga hal ini merupakan peluang besar bagi Amazon.com untuk
memperluas pasar pelanggannya ke para pelaku belanja online yang menggunakan
smartphone. Bagi pelanggan tentu saja hal ini merupakan kemudahan layanan yang
ditawarkan oleh Amazon.com dimana pelanggan dapat mencari produk, membeli
produk, dan melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone.
Satu hal lagi yang dikembangkan oleh Amazon.com
adalah kemudahan dalam transaksi pembayaran mengingat banyaknya pelanggan yang
tidak mempunyai credit card. Data mengenai hal ini tentu saja didapatkan dari
hasil penelitian tim Amazon.com dimana kemudahan pembayaran juga mempengaruhi
keputusan pelanggan untuk membeli produk melalui Amazon.com. Saat ini pelanggan
dapat lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan Gift Cards, Coins, dan
Coupon (detail dapat dilihat di website Amazon.com).
Strategi Amazon.com dalam mempertahankan pelanggan
lama
Amazon.com memanfaatkan teknologi business
intelligence dalam usaha untuk mempertahankan pelanggan lama. Konsep inti dari
business intelligence secara teori adalah mengumpulkan sejumlah besar data,
menyimpan data, menganalisis data, kemudian menghasilkan sebuah informasi
penting yang dapat digunakan sebagai sebuah pengetahuan. Hal yang membuat
Amazon.com mampu mempertahankan pelanggan lamanya adalah Amazon.com sangat
memperhatikan detail. Teknologi business business intelligence digunakan oleh
Amazon.com untuk mengumpulkan data pelanggan seperti data pencarian (customer
browsing history) dan pembelian terakhir pelanggan (customer last purchasing).
Data pencarian pelanggan dan pembelian pelanggan selanjutnya diolah untuk
menghasilkan sebuah pengetahuan baru mengenai pelanggan tersebut. Hasil yang
didapatkan adalah Amazon.com akan merekomendasikan barang-barang yang mungkin
akan dibeli oleh pelanggan berdasarkan sejarah pencarian dan pembelian
pelanggan.
Manfaat yang didapat dari sudut pandang pelanggan
adalah pelanggan akan merasakan sensasi berbelanja online yang lebih personal
karena memahami apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Tidak
hanya memberikan rekomendasi, bahkan teknologi yang digunakan Amazon.com juga
memungkinkan untuk memberikan rekomendasi barang kesukaan pelanggan yang sedang
didiskon. Hal ini tentu saja membuka peluang lebih besar bagi pelanggan untuk
membeli produk yang direkomendasikan oleh Amazo.com. Alhasil, Amazon.com
sebagai penyedia layanan berbelanja online dan pelanggan sama-sama mendapatkan
manfaat dari teknologi business intelligence.
Layanan
Yang Ada di amazon.com
Di amazon.com banyak sekali layanan yang diberikan oleh
pelanggannya dari mulai pelayanan berupa jual beli barang elektronik sampai
pelayanan penjualan untuk bahan-bahan yang cepat busuk. Sebagai salah satu toko
online terbesar yang ada di dunia, amazon menawarkan layanan diantaranya
penjualan barang retail, software dan lisensi untuk semua perangkat, konten
digital, permainan & barang yang bernilai seni juga dijual di situs ini.
Tidak hanya itu, banyak sekali layanan yang diberikan untuk membuat para
penggila belanja online merasa terpuaskan. Berikut penjelasan beberpa barang
yang dijual atau beberapa pelayanan yang diberikan yang telah disebutkan
sebelumnya di atas.
1.
Penjualan
Barang Retail
Sesuai
dengan konsep, awalnya perusahaan ini menjual berbagai barang retail secara
online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku, peralatan rumah tangga,
barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda perlukan ada di toko ini.
Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang yang cepat busuk seperti
sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan tersebut untuk daerah
tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.
2.
Software
untuk semua perangkat
Amazon.com
tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer saja, sebab sekarang
sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik yang canggih seperti
handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa dengan mudah mengakses
dan memesan dengan menggunakan perangkat yang dimilikinya.
3.
Konten
digital
Selain
menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga menjual berbagai konten
digital yang bisa didownload langsung dan dibayar dengan menggunakan pulsa
ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book, musik, dan berbagai
konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone. Harga yang ditawarkan
untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada yang gratis dan juga
dengan diskon yang sangat besar.
4.
Amazon
game
Fitur
ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game komputer ataupun
gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem seperti windows,
android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan ini sangat inovatif
dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil dari pengembangan
para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.
5.
Amazon
Art
Pada
bulan Agustus 2013 perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual
berbagai karya seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih.
Awalnya hanya ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang
semakin banyak.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar